Iklan

Heboh Lagi, Ps. Philip Mantofa Dituding Terpapar Paham Sabelianisme



Ps. Philip Mantofa Diduga Terpapar Paham Sabelianisme. Hal itu disampaikan oleh akun bernama, Bernard Kalvary dalam postingannya. Berikut ini postingan Bernard Kalvary.


MENJAWAB FORMULA BAPTISAN VERSI BIDAT SABELIANISME ZAMAN NOW [HANYA "DALAM NAMA YESUS" SAJA] YG DI AJAR KAN OLEH PHILIP MANTOFA

Menurut ajaran bidat Sabelianisme/Modalisme[ajaran sesat pd abad ke-3M] bahwa Bapa, Anak & Roh Kudus adlh 3 manifestasi/perwujudan dari 1 Pribadi yg bernama Yesus, sehingga di baptis dlm nama Yesus saja atau dlm nama Bapa, Anak & Roh Kudus yaitu Tuhan Yesus Kristus. Sabelianisme ini salahsatu dari ajaran² bidat yg di kutuk oleh para Bapa Gereja di Konsili Efesus-I. Philip Mantofa terpapar Sabelianisme, sehingga baptisan yg diajarkan nya tsb tdk sah & tdk boleh di tiru. Jika ada org yg prnh di baptis menggunakan "dlm nama Yesus" saja maka ia harus di baptis ulang menggunakan rumusan Trinitas yg benar "dlm nama Bapa, Anak & Roh Kudus".


Bila sudah prnh di baptis menggunakan formula Trinitas yg benar "dlm nama Bapa, Putera & Roh Kudus" dgn cara percik maupun tuang & selam, maka tdk boleh di baptis ulang selama nya. Bila membaptis ulang, maka itu adlh bentuk penghujatan thd Tritunggal Maha Kudus.


JAWABAN² TELAK :

A. Validitas formula baptisan "Bapa, Anak, Roh Kudus" itu diteguhkan oleh dokumen tua asli dari sejarah kekristenan. 


Kitab Didache menjelaskan apa yg dilakukan oleh Gereja mula² pd abad pertama. Dokumen kuno warisan para Rasul ini di tulis sejak abad pertama Masehi pd thn 65-80M saat Para Rasul masih hidup, & di sebut sbg "kumpulan Pengajaran Para Rasul". Salah satu kutipan nya sbb :


Didache 7:1 

"Tetapi mengenai baptisan, maka baptis lah km: setelah terlebih dahulu mengucapkan semua aturan ini, baptis lah dlm nama Bapa, & Anak, & Roh Kudus, ......".


Dokumen sejarah Kekristenan menunjukan yg dilakukan Gereja mula² adlh membaptis menggunakan formula Trinitas yg benar seperti perintah di Matius 28:19["dlm nama Bapa & Anak & Roh Kudus"]. Dari sumber Didache ini kita menjadi tahu bahwa formula baptisan tsb konsisten di pakai para Rasul sejak awal selama 2 ribuan thn.


B. Kis 2:38 serta ayat² lain sejenis menunjukan para Rasul membaptis tdk hanya dlm nama Yesus saja.


Kis 2:38 

"Jawab Petrus kpd mereka: ”Bertobat lah & hendak lah km masing² memberi diri mu di baptis dlm nama #Yesus Kristus utk pengampunan dosa mu, maka km akan menerima karunia #Roh_Kudus".


Ada Yesus(Pribadi Putera/Firman) & Pribadi Roh Kudus di situ. Jd, di Kis 2:38 tsb tdk ada tertulis membaptis :

- "dlm nama Bapa, Putera & Roh Kudus, #yaitu_Yesus_Kristus". 

- "#hanya dlm nama Yesus".

Sehingga dii baptis "dlm nama Yesus Kristus" tdk dpt diartikan sbg di baptis "dlm nama Bapa, Putera & Roh Kudus, yaitu Yesus Kristus". Jelas sangat berbeda. 


Bukti lain nya bahwa baptisan "dlm nama Yesus" saja itu tdk lah cukup/lengkap adlh sbb :


- Rasul Yohanes & Petrus pergi ke Samaria utk membaptiskan lg org² di Samaria dlm nama Bapa & Roh Kudus, krn org² tsb sebelum nya di baptis dlm nama Yesus saja oleh Filipus seorang Diaken. Filipus membaptis dlm nama Yesus saja krn Filipus sat itu belum tau perintah pembaptisan yg benar, sebab perintah pembaptisan saat itu hanya Yesus sampaikan kpd para Rasul saja. Jd, Rasul Petrus & Yohanes melengkapi(menambahkan apa yg kurang) baptisan dari Filipus tsb. 


- Rasul Paulus membaptis dlm nama Yesus & Roh Kudus kpd org² yg sebelum nya sudah di baptis oleh Apollos. Knp di baptis lg ??, krn saat itu Apollos hanya tau baptisan seperti cara Yohanes pembaptis, krn Apollos bukan Rasul & belum tau cara baptisan seperti yg diperintahkan Yesus. 


Ketidaktahuan Filipus ttg formula baptisan, itu kurang lebih dgn ketidaktahuan Apollos. Filipus & Apollos tdk tau pedoman pembaptisan krn Kitab Suci PB saat itu belum dikanonisasi. Yg ada saat itu adlh Tradisi Suci dari warisan para Rasul, sehingga ke-2 nya harus bertanya kpd para Rasul. 


Knp para Rasul saat itu memodifikasi bacaan baptisan ?, krn permasalahan nya saat itu adlh :


- Para Rasul membaptis umat mula² yg mayoritas adlh org² Yahudi. Ada org² Yahudi saleh di PL sudah mendapatkan sebagian dari karya Allah dlm diri nya sebelum ia di baptis. Contoh nya seorang bernama Simeon yg Roh Kudus sudah turun atas nya [Lukas 2:25].


- Org² Yahudi saleh yg berkumpul saat Pentakosta pd umum nya saat itu sudah menerima pengudusan & pengenalan akan Allah Bapa & Roh Kudus, tp belum dlm nama Yesus. [Kis 2:5 & 10:44]


- Ada org² yg di baptis oleh Yohanes pembaptis utk pertobatan sbg persiapan akan kedatangan Kristus, ini jelas dlm nama Allah Bapa, tp belum dlm nama Yesus & Roh Kudus. [Matius 3:1-6]


- Ada org² non-Yahudi tertentu seperti Perwira Romawi bernama Kornelius yg sudah menerima Roh Kudus, tp belum dlm nama Yesus & Bapa. [Kis 10:47-48]


- Org² di Samaria hanya di baptis dlm nama Yesus oleh Diaken Filipus, tp belum dlm nama Bapa & Roh Kudus. [Kis 8:12,16-17]


- Ada org² yg di baptis hanya dlm nama Bapa seperti baptisan nya Yohanes pembaptis, oleh Diaken Apollos, tp belum dlm nama Yesus & Roh Kudus. [Kis 18;24-25]


Hal² itu di anggap seperti pembaptisan yg sudah benar tp belum lengkap. Krn itu lah Paulus, Yohanes, Petrus & para Rasul lain nya tdk membatalkan pengudusan yg sudah mereka terima tsb, melainkan melengkapi(menambahkan apa yg kurang) nya dgn membaptis lg dlm nama :


- Yesus(Putera/Firman), bila sebelum nya sudah di baptis dlm nama Bapa & Roh Kudus. [Kis 19:5-6 Kis 2:5 Kis 10:44]

- Yesus & Roh Kudus, bila sebelum nya sudah di baptis dlm nama Bapa. [Kis 18;24-25]

- Bapa & Roh Kudus, bila sebelum nya sudah di baptis dlm nama Yesus. [Kis 8:12,16-17]


Itu lah alasan para Rasul saat itu memodifikasi formula baptisan yg sudah di ajar kan Tuhan Yesus. Itu lah sebab nya modifikasi tsb tdk dpt & tdk boleh diteladani utk saat ini. Itu adlh kisah/cerita para Rasul membaptis berdasarkan sikon saat itu. Sedangkan perintah nya adlh pembaptisan dlm nama Bapa, Anak(Putera/Firman/Yesus) & Roh Kudus. Jd, bedakan antara perintah dgn kisah/cerita. Jd, pd dasar nya para Rasul tdk menghilangkan formula Baptisan seperti yg di perintah kan Yesus.


C. Keluaran 6:2 & Yohanes 17:6 tdk menyatakan bahwa Yesus adlh nama Pribadi Bapa & Roh Kudus.


- Keluaran 6:2 

"Aku telah menampakkan diri kpd Abraham, Ishak & Yakub sbg Allah Yg Mahakuasa, tetapi dgn #nama_Ku TUHAN[YHWH/Adonai/Tuhan/Kurios/Lord] Aku belum menyatakan diri".


- Yohanes 17:6 

"Aku telah #menyatakan[menyampaikan/mengatakan] #nama_Mu[otoritas Bapa] kpd semua org, yg Engkau berikan kpd-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu & Engkau telah memberikan mereka kpd-Ku & mereka telah menuruti firman-Mu".

YHWH yg akan menyatakan diri adlh Allah yg inkarnansi yaitu Pribadi Firman yg di utus oleh Pribadi Bapa utk turun ke dlm dunia, krn itu lah Yesus Kristus di sebut Tuhan. Karya Tuhan Yesus Kristus merefleksi kan karya & otoritas Allah Bapa. Bukan berarti Yesus adlh nama Pribadi Bapa & Roh Kudus, sebab Yesus itu nama kemanusiaan dari kodrat kemanusiaan Sang Pribadi Firman/Putera yg inkarnansi, atau YHWH yg inkarnansi. Sedangkan YHWH itu nama Ilahi dari kodrat keAllahan Sang Pribadi Firman/Putera. Lg pula 3 Pribadi Ilahi yg berkodrat Allah itu sama² bernama YHWH.

- Yohanes 10:25 

"Yesus menjawab mereka: "Aku telah #mengatakannya kpd km, tetapi km tdk percaya; #pekerjaan² yg Kulakukan dlm #nama_Bapa_Ku[otoritas Bapa], itu lah yg memberikan kesaksian ttg Aku,".

- Yohanes 17:8

"Sebab segala firman yg Engkau sampaikan kpd-Ku telah #Kusampaikan kpd mereka & mereka telah menerima nya. Mereka tahu benar², bahwa Aku #dtg_dari_pd_Mu, & mereka percaya, bahwa Engkau lah yg telah mengutus Aku".


D. Jika menggunakan formula baptisan "dlm nama Allah Bapa, Anak & Roh Kudus, yaitu Yesus Kristus" yg berkonsep bidat Sabelianisme tsb maka akan timbul lah kekacauan seperti sbb:


- Matius 11:25 

"Pd wkt itu berkata lah Yesus: "Aku(YESUS) bersyukur kpd-Mu, Bapa(YESUS), ..."➡️Jd Yesus bersyukur kpd Yesus?🥴


- 1 Korintus 1:3 

"Kasih karunia & damai sejahtera dari Allah, Bapa kita(YESUS), & dari Tuhan Yesus Kristus menyertai km."➡️Jd kasih karunia & damai sejahtera dtg dari Yesus(Bapa) & Yesus?


- 2 Korintus 1:3 

"Terpujilah Allah, Bapa(YESUS) Tuhan kita Yesus Kristus, Bapa yg penuh belas kasihan & Allah sumber segala penghiburan,"➡️Jd terpuji lah Yesus & Yesus


- 2 Korintus 11:31 

"Allah, yaitu Bapa(YESUS) dari Yesus, Tuhan kita, yg terpuji sampai selama-lamanya, tahu, bahwa aku tdk berdusta."➡️Jd Yesus & Yesus terpuji selama nya


- Kisah Para Rasul 10:38 

"yaitu ttg Yesus dari Nazaret: bagaimana Allah mengurapi Dia dgn Roh Kudus(YESUS) & kuat kuasa, ..."➡️Jd Yesus diurapi dgn Yesus


Ayat² di atas menjadi sangat tdk masuk akal ketika Bapa & Roh Kudus jg di anggap Yesus

Yohanes 17:11-12 tdk mungkin “nama” betul² menunjuk pd “nama”. Apalagi kalau nama di sana di anggap Yesus semua, maka ayat itu akan menjadi seperti ini :


"Dan Aku(YESUS) tdk ada lg di dlm dunia, tetapi mereka masih ada di dlm dunia, & Aku(YESUS) dtg kpd-Mu(YESUS). Ya Bapa(YESUS) yg kudus, peliharalah mereka dlm nama-Mu (YESUS), yaitu nama-Mu(YESUS) yg telah Engkau(YESUS) berikan kpd-Ku (YESUS), supaya mereka menjadi 1 sama seperti Kita(YESUS). Selama Aku(YESUS) bersama mereka, Aku(YESUS) memelihara mereka dlm nama-Mu(YESUS), yaitu nama-Mu(YESUS) yg telah Engkau (YESUS) berikan kpd-Ku(YESUS); Aku(YESUS) telah menjaga mereka & tdk ada seorang pun dari mereka yg binasa selain dari pd dia anak kebinasaan, supaya genap lah yg tertulis dlm Kitab Suci."


Ini kekacauan yg luar biasa. “nama” di sana lebih tepat di arti kan sbg kuasa/otoritas.

E. Penggunaan OTORITAS/KUASA=DALAM/DEMI NAMA semacam itu ada byk di PB.


- Kis 3:6 

"Tetapi Petrus berkata: "Emas & perak tdk ada pd ku, tetapi apa yg ku punyai, ku berikan kpd mu: Demi nama(OTORITAS) Yesus Kristus, org Nazaret itu, berjalan lah!"


- Kis 16:18 

"Hal itu dilakukan nya beberapa hr lama nya. Tetapi ketika Paulus tdk tahan lg akan gangguan itu, ia berpaling & berkata kpd roh itu: "Demi nama(OTORITAS) Yesus Kristus aku menyuruh engkau keluar dari perempuan ini." Seketika itu jg keluar lah roh itu."


- 1 Korintus 6:11 

"Dan beberapa org di antara km demikian lah dahulu. Tetapi km telah memberi diri mu disucikan, km telah dikuduskan, km telah dibenarkan dlm nama(OTORITAS) Tuhan Yesus Kristus & dlm Roh Allah kita."


- 2 Tesalonika 3:6 

"Tetapi kami berpesan kpd mu, saudara², dlm nama(OTORITAS) Tuhan Yesus Kristus, supaya km menjauhkan diri dari setiap saudara yg tdk melakukan pekerjaan nya & yg tdk menurut ajaran yg telah km terima dari kami."


- Dlm Kis 4:7-10 saat Rasul St.Petrus dihadapan sidang Sanhedrin, ia ditanyakan oleh para Sanhedrin demikian "dlm nama(otoritas) siapakah km(Petrus) bertindak demikian?", lalu Petrus menjawab "dlm nama Yesus Kristus".⬅️Jd, atas otoritas/kuasa Yesus Kristus lah sehingga Petrus dkk membaptis.









Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

Iklan